February 6, 2012

I Am The Voice From The East (VOTE)



Laguna biru cerah, hamparan pasir putih, tarian lumba-lumba di pesisir pasar, pekik burung camar dan kerimbunan nyiur melambai yang menaungi deretan rumah panggung di pulau-pulau bagian Timur Indonesia. Tabuhan tifa, totobuang, denting gitar dan nyanyian rakyat di kala bulan purnama adalah keseharian kehidupan rakyat Indonesia Timur. Keindahan alam dan persaudaraan adalah wajah asli Indonesia Timur.

Kini, tawa-ria dan kebahagiaan anak-anak dan masyarakat Indonesia Timur di Papua, Maluku, Sulawesi dan Kepulauan Sunda Kecil (Bali, NTB dan NTT) kini berganti dengan tangis serta kecemasan akan masa depan mereka sebagai akibat kehancuran hutan, laut dan pertambangan yang turut membawa pemiskinan, pembodohan, wabah penyakit bahkan hingga HIV & AIDS di pelosok terpencil.

Kerusakan alam dan lingkungan di wilayah Timur Indonesia semakin diperparah dengan adanya korupsi sistemik, dan pelanggaran HAM dalam berbagai sisi kehidupan. Relasi kekerabatan dan persaudaraan terkoyak akibat kerusuhan sosial di Poso, Ambon dan Maluku Utara yang menjadi dagangan politik bagi sekelompok orang.

VOTE (Voice from The East) merupakan sebuah gerakan kampanye sosial untuk mengembalikan martabat kemanusiaan, perdamaian, kesejahteraan, pelestarian lingkungan, demokratisasi serta merawat keragaman dan budaya di Indonesia Timur.

Mari bergabung dalam gerakan VOTE! Jadikan Indonesia Timur sebagai benteng terakhir keserasian hidup manusia dan lingkungan di Indonesia.

No comments: