September 20, 2008

Kopi Darat

["Copy Darat" sesama blogger, pertemuanku dengan Hezra]

Kopi Darat atau Copy Darat adalah istilah yang biasa dipakai sebagai bahasa prokem komunikasi oleh mereka yang menggunakan intercom, CB, HT, atau radio transmiter dua arah semacam itu....arti kopi darat sendiri adalah bertemu muka orang-orang yang berkomunikasi di udara [via gelombang radio]. Istilah ini juga seringkali digunakan saat trend radio anak muda pada tahun 70/80-an...yang kemudian dipopulerkan oleh penyiar radio Prambors Jakarta pada masa itu. 

Sekarang ini istilah kopi darat lazim digunakan oleh berbagai komunitas termasuk mereka yang berinteraksi di dunia maya/cyber. Nach, selama beberapa hari di Yogya rupanya kopi darat menjadi salah satu agenda saya juga. Ada yang memang direncanakan, ada juga yang tidak direncanakan namun terjadi saja.

Misalnya dengan Hezra, temanku sesama blogger. Malam tadi akhirnya kami bertemu di hotel tempatku menginap. Pertemanan yang diawali di dunia blogging berlanjut dengan saling berkirim SMS, dan akhirnya kami janjian bertemu malam ini bersama pasangan kami masing-masing. Dan sungguh menyenangkan karena ternyata suami Hezra, Abrar, juga sama-sama mendedikasikan karir di dunia development. What a small world ! Selain lebih mengenal Hezra [ga nyangka banget udah punya anak umur 2 tahun padahal masih terlihat seperti remaja hehehe], kami juga berbagi bermacam cerita. Misalnya malam ini aku menjadi lebih tahu mengenai gaya berlebaran di Pontianak, tempat asal Hezra dan Abrar, yang memiliki budaya saling kunjung mengunjungi bahkan hingga 1 bulan lamanya [waah...bisa-bisa gendut nih kalau disuguhi makanan disetiap rumah....hehehe], dan juga budaya 'rental peralatan rumah' menjelang lebaran tiba....terutama di daerah Singkawang dan Sambas, saban lebaran tiba setiap orang akan sibuk menata rumah, membeli kursi baru, mencat rumah, dsb. Yang lucu bahkan ada yang membuka jasa penyewaan perlengkapan rumah untuk membantu si pemilik rumah mendapat suasana rumah yang serba baru, mungkin daripada membeli, lebih baik menyewa pikir mereka...ada-ada adja yaa....:) 

Sebelum bertemu Hezra dan Abrar, terlebih dahulu kami tidak sengaja kopi darat dengan Dr. Hendra dari FHI/ASA. Dengan Dr Hendra ini kira-kira 3 tahun yll saya pernah tidak sengaja bertemu dan berkenalan dengan beliau saat sedang tugas kantor di Sorong, dan kebetulan sama-sama menginap di hotel yang sama [Hotel Waigeo, Sorong]. Setelah itu beberapa kali saya sempat menghubungi beliau via telepon, dan tidak pernah bertemu lagi hingga saat berada di Yogya ini...yang ternyata kali ini kami juga menginap di hotel yang sama. Akhirnya pertemuan dilanjutkan dengan makan malam bersama. Sungguh senang dapat bertemu kembali dengan Dr Hendra yang adalah seorang pakar khususnya dalam bidang HIV/AIDS yang saya hormati dan segani. 

Kopi darat tidak disengaja juga terjadi di kota Gudeg ini saat sarapan pagi di hotel, kami bertemu dengan sesama teman kami di milis kawincampur, Arie Perdana dan Juli beserta anak mereka yang lucu, Cemara. Pertemanan kami diawali saat sama-sama menjadi anggota milis yang beranggotakan pasangan beda agama, saling berbagi pengalaman dan suka duka menjalani hubungan dengan pasangan yang berbeda keyakinan, hingga saling berkomitmen untuk sama-sama berjuang melegalkan pernikahan beda agama :) Arie, Juli dan Cemara ternyata juga menginap di hotel yang sama. Dan sore tadi kami sempatkan berbincang-bincang di pinggir kolam renang. 

Senang sekali dalam kunjungan kali ini ke Yogya bisa "copy darat" dengan teman yang biasanya cuma kontak via dunia maya ataupun telepon. Dan senang sekali bila kemanapun kita pergi selalu ada teman berbincang dan berbagi. Dunia menjadi lebih berwarna sekaligus bermakna. 

Hezra dan Abrar, Arie, Juli dan Cemara serta Dr. Hendra, .... terimakasih untuk persahabatan yang indah. Semoga selalu terjalin dalam kasih dan ketulusan. 

2 comments:

goresan pena said...

thx yah, untuk ketemuannya... ntar kapan2 lagi, maen ke rumah bu...

oya, makasih yah...dibilang masih kayak remaja..hihihi...sudah seperempat abad bu..
ini sebenarnya pujian apa sindiran yah..?:p

seneng deh, ketemu dengan Mbak Lia n suami...

saya ada nulis juga tentang pertemuan kita, dalam versi berbeda. kalau ada waktu, silakan di baca yah...

thx

Lia Marpaung said...

benerrr kok, hezra ga keliatan banget dah punya sashy yang berumur 2 tahun :) aku dan adi juga senang banget bisa kenal kalian ber2...pasti kalau jadi lagi ke yogya [kemungkinan akhir okt besok], aku mau banget main ke rumahmu dan gangguin si kecil sashy...hehehe...btw, sabtu malam kemaren ada kumpul2 ditempat abangku, dan kue puddingmu langsung ludes ma sodara dan teman2ku yg hadir...yummy banget !!!! titip peluk buat shashy dan mamahnya yaaa yg udah repot2 buatin :) hugs.