December 10, 2008

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa


Lagi, ada temu reuni alumni SD/SMP Oel. Jumad, 5 Desember lalu. Bertempat di mantan sekolah tercinta, SDK Ora et Labora di daerah Panglima Polim, Kebayoran Baru. Namun kali ini menjadi lebih bermakna karena inilah pertemuan pertama kami setelah lulus sekolah, bersama dengan para mantan bapak dan ibu guru dari jaman SD hingga SMP. 

Terharu sekali saat beberapa orang mantan guru langsung mengenaliku saat memasuki ruangan kelas di sekolah yang telah berpuluh-tahun lamanya tak pernah kukunjungi. Ibu Sri [guru PMP], Ibu Yenny [Wali Kelasku], dan Ibu Wira [guru Matematika] langsung mengenali dan memanggilku. Dan akupun langsung memeluk mereka. Duuh, rasanya seperti ditarik kembali ke masa lalu saat masih mengenakan seragam batik biru-putih khas seragam sekolahku. Begitu pula saat bertemu guru-guru lain: Pak Edy [guru Sejarah dan Kepala Sekolah], dan Pak Yono [guru Olahraga yang sekaligus guru favouriteku hehehe]. Ibu Melly. Ibu Netty [guru Agama Kristen yang membuatku jadi hapal ayat2 alkitab dan lagu2 rohani kristen]. Pak Cornelius. Pak Harry yang masih saja unik dan berjiwa muda [hehehe]. Teringat masa sekolah dulu, dimana para guru sangat menekankan kediplinan yang dulu terasa menakutkan, namun kini telah memberi manfaat bagi kehidupan keseharianku. Dan pastinya juga bagi teman-temanku. 

Kusempatkan secara khusus mengucapkan terimakasihku atas jasa-jasa mereka semasa menjadi guru-guruku. Beberapa dari mereka bahkan memelukku erat. Mereka terlihat haru dan juga bangga karena kami masih mengingat mereka. Namun justru kamilah yang bangga pada mereka dan pengabdian mereka sebagai bapak dan ibu guru kami. Pahlawan tanpa tanda jasa ! Yang tak pernah lelah mengajarkan kami dan menghadapi berbagai kenakalan kami, sekaligus telah menghantarkan kami mencapai apa yang kami raih saat ini. Maka kesuksesan kami, adalah juga kesuksesan bapak dan ibu guru kami. 

Sungguh aku sangat bersyukur diberiNya kesempatan untuk bertemu kembali dengan bapak dan ibu guruku, dan mengucapkan terimakasihku pada mereka. Semoga para guru, dimanapun mereka berada dan bertugas, senantiasa dikenang oleh para muridnya. Dan jikalau engkau pernah menjadi "murid", semoga engkaupun diberiNya kesempatan, untuk satu waktu nanti dapat bertemu gurumu dan menyampaikan rasa terimakasih dan penghargaanmu bagi mereka. 

4 comments:

Bambang Gunawan said...

Thanks Lia, saya sudah kutip dan dipasang di www.oel.or.id

Lia Marpaung said...

thanks to inform, pak bambang. pasti saya kunjungi segera web-nya Oel :)

Jade Herlambang said...

Lia,
thanks for sharing your blog with me! It's nice to see familiar faces.Keep up the good work, and please stay in touch! Hugz ! Jade

Lia Marpaung said...

hi noni [i prefer to keep call you with this nick name...hehehe], thanks for visit my blog ! kapan balik indo dan kita reunian lagi dengan teman2 SD-SMP Oel. Tessy juga janji akan balik dari Holland tuuh ! Miss ya !