September 26, 2010

Tingginya Kematian Ibu Hamil di Indonesia

Saat berkumpul bersama teman-teman perempuan saya semalam dan diulang lagi dalam account twitter (@liamarpaung), saya berbagi informasi terkait eclamsia. Kematian seorang teman diving yang sedang hamil sebulan yang lalu, dan baru-baru ini seorang teman yang lain yang sedang hamil 7 bulan mendadak harus dirawat di ruang ICU karena terkena pre-eclamsia, membuat saya cukup terhenyak menyadari suatu fakta: jangankan nun jauh di timur Indonesia sana, yakni di Papua yang memiliki angka kematian ibu tertinggi, bahkan di kota besar seperti di Jakarta, ternyata masih banyak perempuan dan ibu hamil, serta keluarga mereka, yang masih belum memahami bahaya dan resiko kehamilan, serta masih perlunya dilakukan edukasi terkait Kesehatan Ibu & Anak (KIA). Membuat saya teringat dengan tulisan lama saya yang pernah saya tulis di rumah blog lama saya disini yakni di tahun 2006 lalu.

Saya cantumkan link-nya dan semoga berkenan membuka dan membacanya. Semoga tulisan ini dapat memberikan sedikit bantuan untuk kembali mengingatkan kita, bahwa setiap kehamilan adalah berisiko. Itu sebabnya kita perlu memberikan dukungan bagi perempuan, bagi ibu hamil, bahkan juga dalam berbagi informasi seperti ini, sehingga tidak perlu lagi ada ibu hamil yang kehilangan nyawa hanya karena ketidaktahuan akan informasi seperti ini.

No comments: