June 28, 2008

Oleh-oleh dari Pasar Bringharjo

Buat penggemar wisata kuliner khususnya makanan khas lokal, maka belumlah mengunjungi kota Yogya kalau belum mencoba aneka jajanan pasar di sepanjang Pasar Bringharjo. Pasar traditional yang terletak di pusat jalan Malioboro ini tidak hanya menjual aneka rupa batik, textile dan souvenir khas kota "gudeg", namun juga aneka jajanan ringan hingga makanan berat seperti gado-gado, ayam opor, gudeg, dan juga sate khas yogya. 

Nach, mengenai sate, ada yang sate yang menurutku cukup unik di kota ini. Saat itu hari telah menjelang sore saat aku selesai berbelanja busana batik di Pasar Bringharjo. Perut mulai "keroncongan" karena siangnya aku hanya sempat mengemil sebatang coklat kitkat curian dari pesawat [hehehe]. Dengan niat mencoba menjajal aneka jajanan yang didagangkan di sepanjang pintu masuk pasar ini, mulailah aku mencoba satu demi satu aneka rupa makanan yang ditawarkan. Heyyy.... ! Tentunya dengan porsi sedikit doonk....maklumlah, kapasitas perut khan juga terbatas :) Gado-gadonya lumayan enak walau aku agak kurang "sreg" dengan bumbu kacangnya yang menurutku agak pedes. Aku juga mencoba satu buah lumpia goreng yang dimakan dengan bumbu bawang putih yang dihaluskan. Yang ini lumayan enak, bumbunya unik dan ternyata merupakan makanan kesukaan adikku. Kalau aku siih....yach lumayanlah....:) 

Hingga di ujung sudut Pasar Bringharjo, tepatnya di seberang Mirota Batik, aku melihat seorang ibu penjual sate yang tampak "berbeda". Satenya terbuat dari sapi, tepatnya dari lemak sapi yang dibakar,....hmmm, kolesterol tinggi tentunya. Tapi dengan niat sekedar mencoba, mulailah aku membeli lima tusuk sate yang dibungkus dengan daun pisang seharga Rp. 3 ribu. Murah yaaa ? Dan ternyata, .... rasanya gurih sekali. Manis. Agak sedikit pedas. Wangi ! Bahkan aku sempat membeli lima tusuk lagi. hehehe...jadi ga jelas juga, apakah lapar atau memang doyan....tapi bener deeh, kalau berkunjung ke Yogya dan khususnya Pasar Bringharjo, coba deeh sempatin mencoba sate [lemak] sapi ini. Rasanya memang lain dari sate ayam, kambing atau bahkan daging sapi lainnya. Paling engga, dari sate-sate yang pernah aku coba selama ini lhooh yaaa :) Yang uniknya lagi, sate ini dijual tanpa nasi ataupun lontong. Kalaupun mau dimakan dengan nasi, disamping si ibu penjual, ada ibu lain yang menjual nasi rames dan gado-gado. Coba saja membeli nasi dari si ibu penjual ini. Namun bahkan dimakan tanpa nasi ataupun lontong, buatku sih sudah yummy banget dan kita dapat merasakan cita rasa asli dari sate sapi khas pasar Bringharjo ini. Coba deeh.... ! :) 

5 comments:

goresan pena said...

bu, sempet nyobain dawet nya gak?
aku punya satu langganan di situ. kadang, kalo' udah kepinginnn banget minum dawet, sampe' rela deh... ke situ. padahal jarak rumah dengan bringharjo, lumayan jauh..
tapi, setelah dicoba semua dawet di situ, ada satu yang paling enak. penjualnya ibu2. ahhh persisnya dimana lupa deh.

Lia Marpaung said...

sempat kok sempat...ada beberapa yg jual es serupa disana...yg mana yg langgananmu yaa ? hmmm, musti dicobain juga tuuh...hehehe....waah, next time kalau aku ke yogya, kamu yg nganterin and nemenin diriku yaaa nyobain si dawet ??? hehehe

btw, dah nyobain satenya belummm ??? enakkk khannn ??? hmmmm,....jadi pengennnnn !

goresan pena said...

wah.... boleh...boeh... kapan mau ke jogja lagi...?kabar2i aja yah...hehe..
satenya udah sempet nyobain sih... em, tapi... itu kan ga jelas apaan..hehe, maksudnya itu kan lemak semua..
dan jantungku ga kuat. eih...apa hubungannya yah..?

Lia Marpaung said...

hahaha....aku juga pertamanya ga mau nyobain tuuh sate buu...tapi dipaksa nyobain...dan ternyata enak juga malah jadi doyan....tapi emang ga boleh banyak2 yaa soal kolesterol tinggi tuuh....emang dasar orang indo yaa....lemak [sapi] adja masiiih adja dijadikan komoditi makanan...hahaha.....

siiik asyikkk ntar aku maen ke kotamu lagi, aku kabarin yaa....sms doonk no hpmu ke no-ku yaa di 0812 9491210 :)

goresan pena said...

bu, kemaren udah tak sms... udah masuk belum yah.. karena gak ada balesan.. :( hehe ;p ini no saya 08125780506